Jumat, 03 Juni 2016

PUASA ( 1 )

Agama Islam adalah agama rahmat dengan suatu upaya penggapaian cinta kasih sayang terhadap makhluk. Hal ini sangat jelas bahwa ajaran agama Islam mengajarkan berbagai ajaran bukan hanya untuk mendekatkan diri begitu saja, namun didalamnya juga mempunyai makna atau arti yang sangat dalam, Sebagaimana dalam puasa. Allah swt mewajibkan puasa kepada umat Islam yang harus dilakukan pada hari-hari di bulan Ramadlan, atau pada hari-hari yang dinadzari untuk berpuasa. Puasa adalah salah satu bentuk keta’atan penuh seorang hamba kepada Allah swt, karena didalamnya ada nilai-nilai yang sangat mulia, yakni puasa dapat menahan atau mengendalikan hawa nafsu yang selalu mendorong melakukan perbuatan yang dianggap negatif (tidak baik) menurut pandangan agama.
Itulah nafsu manusia, yang selalu mengajak kejelekan. Padahal Allah swt telah menjajikan mereka yang mengikuti hawa nafsunya masuk kedalam jurang api neraka. Dengan upaya melakukan puasa kita dapat mengendalikan hawa nafsu kita serta membersihkan hati dari nafsu-nafsu yang selalu mengajak perbuatan yang tidak baik, karena barang siapa mau membersihkan hatinya dari hawa nafsu, ia telah dijanjikan oleh Allah swt masuk kedalam surga.
Disamping itu, puasa juga dapat menunjukkan kepedulian sosial kita sebagai bentuk perasaan saling lapar seperti yang sering dialami mereka orang-orang fakir miskin.
Puasa termasuk ritual murni yang diwajibkan oleh Allah swt, dan Allah swt telah menjanjikan ahli puasa masuk surga, serta bau mulut orang-orang puasa kelak dihari kiamat akan berubah menjadi miyak misik. Sedemikian besar perhatian Allah swt kepada hambanya yang berpuasa, sampai-sampai puasa sering disebutkan didalam kitab-Nya yang mulia, sehingga Allah menjadikan puasa sebagai salah satu rukun Islam.
Pembagian Puasa & Pengertiannya.
Puasa secara garis dibagi atas dua macam, puasa fardhu dan puasa tathawwu’ (puasa sunnah). Sedangkan Puasa fardhu ada tiga macam:
– Puasa Ramadlan,
– Puasa Kaffarah,
– Puasa Nadzar.
Puasa Ramadlan adalah salah satu kewajiban yang di bebankan oleh Allah SWT kepada hambanya. Ia merupakan rukun Islam yang ke-empat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ada saran atau masukan silakan tulis komentar. terimakasih