Friday, August 2, 2019

KHOT DAN TERJEMAH 3 BAHASA dan KALIGRAFI KONTEMPORER

Berikut contoh materi lomba MAPSI cabang Khat surah AL-FALAQ AYAT 1-5

contoh KHOT dalam kertas format  Propinsi. SEKALI LAGI INI HANYA CONTOH.DALAM FORMAT KERTAS SAJA.  JIKA ADA KESALAHAN TULISAN MOHON MAAF.










Untuk File contoh Khot versi PDF silakan klik contoh khot  ATAU  disini  Sedangkan untuk KERTAS KHOT silakan klik KERTAS A3. atau yang format satu terjemahan silakakn klik FOLIO 
Semoga bermanfaat untuk persiapan lomba MAPSI.


KALIGRAFI PADA LOMBA MAPSI 2019 HARUS BERTULISKAN SALAH SATU AYAT DALAM SURAT AL-FATIHAH
Lukis kaligrafi adalah sebuah lukisan dengan mengambil objek huruf-huruf Arab. Biasanya mengambil ayat-ayat Alquran maupun hadist yang diiringi background seirama.
Kaligrafi kontemporer adalah istilah atau sebutan untuk sebuah karya yang “memberontak” atau “menyimpang” dari rumus-rumus dasar kaligrafi, yang merupakan bentuk manifestasi gagasan dalam wujud visual. Secara estetika kaligrafi kontemporer mengacu kepada kaidah penciptaan seni rupa kontemporer secara umum dan secara etika bersumber kepada Al-Qur’an dan Al-Hadits, yang membawa muatan artistik-apresiatif yang berfungsi sebagai tontonan (media apresiasi), di sisi lain mengandung muatan etik-religiusyang berfungsi sebagai tuntunan (media dakwah). Sering diistilahkan adanya jenis kaligrafi “murni” dan “lukisan” kaligrafi. Pertama, dimaksudkan sebagai kaligrafi yang mengikuti pola-pola kaidah yang sudah ditentukan dengan ketat, yakni bentuk yang tetap berpegang pada rumus-rumus dasar kaligrafi (khath) yang baku. Penyimpangan, ataupun percampuradukan satu dengan lainnya dipandang sebagai kesalahan, karena dasarnya tidak sesuai dengan rumus-rumus yang sudah ditetapkan. Sedang yang kedua, adalah model kaligrafi yang digoreskan pada hasil karya lukis, atau coretan kaligrafi yang “dilukis-lukis” sedemikian rupa –biasanya dengan kombinasi warna beragam, bebas dan (umumnya) tanpa mau terikat dengan rumus-rumus baku yang sudah ditentukan. Model inilah yang digolongkan ke dalam aliran kaligrafi Kontemporer.








7 comments:

  1. tulsan diatas salah pada bagian arab indonesia.seharusnya admin lebih teliti ketika menggunggahnya.tulisan ini sering dipakai rujukan para pembina yang nota bene tidak mau ribet.sudah dua tahun berlalu.berapa banyak kesalahan yang admin timbulkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas masukkannya...iru kami peroleh dari kkgpai propinsi. Mohon beri ami contoh tulisan pegon terjemah yang benar.

      Delete
  2. Mohon di share materi yang untuk lomba mapsi SD cabang LCC..trmksh

    ReplyDelete
  3. Mhn d share kisi2 LCC MAPSI SD 2019. trmksh

    ReplyDelete
  4. Terimakasih banyak🤗🤗..
    Membantu sekali...

    ReplyDelete

Jika ada saran atau masukan silakan tulis komentar. terimakasih

Blog Archive

Featured Post

DATA GURU PAI SD KEC. PAGUYANGAN SEMESTER GENAP 2020/2021

  DATA GURU PAI SEKOLAH DASAR KECAMATAN PAGUYANGAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2020/2021 PER JANUARI 2021   NO. ...