DAFTAR ISI
Hal.
I.
KETENTUAN UMUM
A.
Ketentuan
Peserta..............................................................................................1
B.
Cabang dan
Peserta Lomba.............................................................................
1
II.
KETENTUAN KHUSUS CABANG LOMBA
A. BIDANG MATA
PELAJARAN PAI
1. Pengetahuan
PAI,BTQ dan Gebsata ..............................................................
2
2. LCCTPAISUM................................................................................................. 3
B. BIDANG SENI
ISLAMI
1.
Seni Khot dan Kaligrafhi ...............................................................................4
2.
Cipta dan Seni
Khitabah................................................................................ 5
3.
Ketrampilan Adzan
....................................................................................... 6
4.
Seni Macapat
Islami...................................................................................... 6
5.
Khifdhi Wa Tilawatil
Qur’an........................................................................... 7
6.
Cipta dan Seni Bercerita
Islami...................................................................... 8
7.
Seni
Rebana.................................................................................................... 9
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Formulir Biodata
Peserta
2. Formulir
Biodata Peserta Rebana
3. Sekar
Macapat Islami
4. Contoh Khot
dan terjemahan 3 bahasa
POKOK
KETENTUAN LOMBA
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM DAN SENI ISLAMI (MAPSI)
TINGKAT SEKOLAH DASAR KECAMATAN PAGUYANGAN
TAHUN 2018
------------------------------------------------------------------------------------------------------
I.
KENTUAN
UMUM
A.
Ketentuan
Peserta
1.
Peserta lomba adalah
peserta didik kelas II s.d V yang beragama Islam pada Sekolah Dasar yang
diwakilinya.
2.
Peserta hanya
diperbolehkan mendapat satu kejuaraan tertinggi cabang lomba.
3.
Peserta
harus berada di tempat lomba sesuai Jadwal yang sudah ditentukan
4.
Pendamping
harus mengikuti tehnical meeting dan mengambil nomor undian sesuai dengan
jadwal yang ditentukan Panitia.
5.
Peserta dan
Pendamping diharapkan mengikuti upacara pembukaan
6.
Peserta berpakaian
rapi, bersih, Islami, dan mengenakan
tanda pengenal yang diberikan oleh panitia selama lomba MAPSI berlangsung,
7.
Peserta membawa
perlengkapan/ peralatan tulis sendiri.
8.
Peserta dan
pendamping harus mengikuti aturan yang ditentukan oleh panitia.
9.
Keputusan Dewan
Juri bersifat mengikat dan tidak dapat diganggu gugat.
B.
Cabang Lomba
Lomba
MAPSI Ke- 21 tingkat Kecamatan Paguyangan tahun 2018 meliputi 9 (sembilan ) cabang lomba yang terdiri
dari 16 (enam belas) kejuaraan putra /putri. Adapun jenis cabang
dan peserta lomba sebagai berikut :
NO.
|
MATERI LOMBA
|
KATEGORI
PESERTA
|
KETERANGAN
|
PUTRA
|
PUTRI
|
A
|
BIDANG MATA PELAJARAN PAI
|
|
|
|
1.
|
Mapel PAI dan Gebsata
|
1
|
1
|
Perorangan
|
2.
|
LCCTPAISUM
|
1
|
1
|
Perorangan
|
B
|
BIDANG SENI ISLAMI
|
|
|
|
1.
|
Seni Khot &Kaligrafi al-Qur’an
|
1
|
1
|
Perorangan
|
2.
|
Cipta dan Seni Khitabah
|
1
|
1
|
Perorangan
|
3.
|
Seni Macapat Islami
|
1
|
1
|
Perorangan
|
4.
|
Adzan dan Iqamah
|
1
|
|
Perorangan
|
5.
|
Seni Tilawatil &Hifzil Qur’an
|
1
|
1
|
Perorangan
|
6.
|
Cipta dan seni Bercerita Islami
|
1
|
1
|
Perorangan
|
7.
|
Seni Rebana
|
11
|
Grup (Vokalis harus 1 putra dan 1 putri)
|
II. KETENTUAN KHUSUS CABANG LOMBA
A. RUMPUN MATA
PELAJARAN
1.
LOMBA MAPEL PAI DAN GEBSATA
Peserta : 1 Pa;
1 Pi
Materi : a. Tertulis- Pengetahuan PAI dan BTQ ; Materi
kelas II-V
b.
Praktik – GEBSATA, satu rakaat salam, AL-Fatihah-QS Al-Insyiroh.
a.
Pengetahuan PAI
1)
Materi
pelajaran PAI SD Kelas II sampai dengan Kelas VI semster Gasal berdasarkan
Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013.
2)
Aspek materi,
meliputi :
a)
Al-Qur’an Hadis 20
%
b)
Aqidah/Keimanan 20
%
c)
Akhlak 20
%
d) Fiqh/Ibadah 20
%
e)
Sejarah
kebudayaan Islam 20
%
Jumlah 100 %
2)
Sumber materi
dari Buku Pokok dan Penunjang
3)
Dilaksanakan
dengan tertulis : 30 butir soal Pilihan Ganda, 15 butir soal Isian, dan 5
butir soal Uraian yang wajib dijawab pada lembar jawaban.
b.
Baca Tulis
Al-qur’an ( BTQ)
1) Aspek materi,
meliputi :
a)
Salinan huruf
Al Qur’an menjadi huruf latin 15
%
b)
Salinan huruf
latin menjadi huruf Al Qur’an 15
%
c)
Rangkaian huruf
Al Qur’an 15
%
d) Uraian huruf Al Qur’an 15
%
e)
Pengetahuan
tajwid 40
%
Jumlah 100 %
2)
Sumber materi
dari Buku BTQ SD Jateng Susunan Tim BTQ dan KKG-PAI Prov. Jateng
3)
Dilaksanakan
dengan tertulis: 30 butir soal Pilihan Ganda, 15 butir soal Isian, dan 5
butir soal Uraian yang wajib dijawab pada lembar jawaban;
4)
Materi Pelajaran Al Qur'an dari Materi
Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013
c.
Keterampilan
Gerakan Bacaan Salat Fardu dan Tartil Al-qur’an
1)
Materi Salat
adalah Salat Fardu yang bersumberkan dari Sunnah Rasulullah Saw (Amalan Nabi
Muhammad Saw).
2)
Aspek Materi,
meliputi:
a)
Gerakan Salat
(Fi’liyah)
b)
Bacaan Salat
(Qauliyah)
c)
Bacaan Surah
(Tartil Al-Qur’an )
3)
Bacaan surah
Al-Qur’an dalam Salat:
a)
Bacaan wajib : Surah AL-FATIHAH
b)
Bacaan tartil surah pendek : Surah AL-INSYIRAH
4)
Rambu-rambu
Penilaian
a)
Berdiri
tegak menghadap Kiblat. Pandangan mata ke tempat sujud.
b)
Niat
dan takbiratul ihram. Niat salat dalam hati dan dapat pula diikuti lafal niat
dengan lisan.
c)
KetikaTakbiratul
ihram mengangkat kedua tangan sehingga bahu, telapak tangan terbukamenghadap ke
depan, ibu jari berada di bawah daun telinga, antara jari-jari tidak renggang
sambil membaca Allahu akbar. Khusus
perempuan kedua tangan diangkat di bawah leher (di depan dada).
d)
Berdiri
tegak bersedekap. Setelah takbiratul
ihram tangan bersedekap.Tangan kanan memegang pergelangan tangan kiri.
e)
Membaca
doa Iftitah.Doa Iftitah dapat berupa Allahumma
ba’id baini dan seterusnya atau Allahu
akbar kabira dan seterusnya.
f)
Membaca
surah AL-FATIHAH. Diawali
ayat pertama bismillah dan seterusnya
dan diakhiri waladdāllīn serta ditambah
bacaan āmīn.Sebelum membaca Al-Fatihah dapat didahului bacaan ta’awuż atau tidak membacanya.
g)
Membaca
surah AL-INSYIRAH. Sebelum
membaca surah boleh diawali dengan basmalah atau tidak dengan basmalah.
h)
Rukuk.
Gerakan rukuk dengan membungkukkan badan, kedua tangan memegang lutut dan
ditekan. Antara punggung dan kepala hendaknya rata,mata tertuju ke tempat salat
(sajadah). Ketika rukuk membaca Subhāna
rabbiyal ‘azīm atau Subhāna rabbiyal ‘azīmi wabihamdih atau Subhānakallāhumma
rabbanā wabihamdikallāhummagfirli.
i)
Iktidal.Gerakan
iktidal dengan berdiri dari rukuk dan kembali tegak lurus. Ketika iktidal,kedua
tangan diangkat ke atas,membaca bacaan iktidal sami’allāhu liman hamidah. Ketika berdiri tegak lurus, kedua tangan
diletakkan di sebelah kanan/kiri badan dengan lurus ke bawah. Dan dapat pula
dengan bersedekap seperti semula.Membaca doa iktidal Rabbanā walakal hamdu atau Rabbanā lakal hamdu mil ussamāwāti wamil
ul-ardi wamil umā syi’ta min syaiin ba’du.
j)
Sujud
(pertama). Gerakan sujud dengan menempatkan wajah ke tempat sujud sambil
membaca takbir Allahu akbar. Ketika sujud ke tujuh anggota sujud diletakkan
(menempel) ke tempat sujud. Membaca doa sujud subhāna rabbiyal a’lā atau
subhāna rabbiyal a’lā wabihamdih atau
subhānakallāhumma rabbanā wabihamdika allahummagfirli.
k)
Duduk
antara dua sujud (duduk iftirasy).Duduk iftirasy itu dengan cara telapak kaki
kiri diduduki dan telapak kaki kanan berdiri tegak. Jari kaki menekan ke
lantai. Ketika duduk antara dua sujud membaca doa Rabbigfirli warhamni wajburni warfa’ni warzuqni wahdini wa’afini
wa’fu’anni.
l)
Sujud
(kedua). Gerakan dan bacaan sama dengan ketika sujud (pertama).
m)
Duduk
Tasyahud Akhir (duduk tawaruk). Duduk tawaruk itu dengan kaki kiri dijulurkan
di bawah kaki kanan mengarah ke belakang, dan telapak kaki kanan tegak serta
jari-jari menekan ke lantai. Ketika duduk tasyahud akhir membaca bacaan
tasyahud akhir. Bacaan tasyahud akhir dapat berupa Attahiyyatulillahi dan seterusnya atau Attahiyyatul mubarakatus dan seterusnya. Ketika membaca salawat
nabi dapat berupa Allahumma salli ‘ala
muhammadin dan seterusnya sampai innaka hamidun majid atau Allahumma salli ‘ala sayyidina muhammadin
dan seterusnya sampai innaka hamidun majid.Dilanjutkan membaca doa
terhindar dari siksa kubur, neraka dan Dajjal, berupa: Allahumma inni a’użubika min ‘ażābil qabri wamin ‘ażābin nāri wamin
fitnatil mahyā wal mamāti wamin fitnatil masīhid dajjāl (HR. Bukhari). Atau
Allahumma innī a’ūżubika min ‘ażābi
jahannama wamin ‘ażābil qabri wamin fitnatil mahya wal mamati wamin syarri
fitnatil masīhid dajjāl (HR.Muslim).
n)
Salam.
Gerakan salam dengan menoleh ke kanan lalu ke kiri sampai kelihatan
masing-masing pipi dari arah belakang. Ketika salam mengucapkan Assalāmu ‘alaikum warahmatullāh atau Assalāmu ‘alaikum warahmatullāhi wabarakātuh.
o)
Bacaan
Salat dari awal hingga akhir dilafalkan dengan Tartil sebagaimana aturan dalam
membaca Al- Qur’an.
Ketentuan
Cabang Lomba Mapel PAI dan Gebsata :
a.
Jumlah
soal : 50 butir soal Pengetahuan PAI dan
50 butir soal BTQ
b.
Waktu Mengerjakan Soal Pengetahuan PAI selama 45 menit dan BTQ
selama 45 menit
c.
Apabila
diperoleh nilai yang sama, akan diberi soal tambahan
d.
Waktu maksimal pelaksanaan GEBSATA adalah 7 menit
untuk setiap peserta
e.
Kejuaraan
merupakan rekapitulasi dari mapel PAI, BTQ dan Gebsata.
2. LOMBA CERDAS
CERMAT TERPADU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN UMUM
( LCCTPAISUM )
a.
Ketentuan
Peserta
1)
Peserta adalah
perwakilan dari Sekolah Dasar.
2)
Peserta
perorangan terdiri dari 1 putra dan 1 putri,
3)
Peserta wajib
mengenakan nomor undian di bagian badan yang mudah dilihat oleh Juri.
4)
Peserta
berbusana muslim/muslimah
5)
Jawaban benar
mendapatkan nilai 100
6)
Jawaban salah
mendapatkan nilai 0
7)
Peserta yang
tidak muncul tanpa alasan sewaktu dipanggil untuk tampil sebanyak 3 kali
berturut-turut dengan interval 3 menit, dinyatakan mengundurkan diri.
b.
Materi
Materi
yang dilombakan : Pendidikan Agama Islam Kelas III – VI semester gasal, Baca
Tulis Al-Qur’an Kelas II -V semester gasal Pengetahuan Umum yang terkait
(Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni
Budaya dan Keterampilan,Penjasorkes, Bahasa Jawa, Bahasa Inggris, Bahasa Arab)
c.
Penilaian
1)
Penilaian
berdasarkan jawaban yang benar
2)
Apabila
diperoleh nilai yang sama, akan diberi soal tambahan sehingga membedakannya
3)
Pengaturan
penilaian lebih lanjut diatur dalam Pedoman Penilaian Lomba
d.
Rambu-rambu
Penilaian
1)
Unsur Materi
meliputi :
-
Pendidikan
Agama Islam 30 %
-
Baca Tulis
Al-Qur’an 20 %
-
Pendidikan
Kewarganegaraan 5 %
-
Bahasa
Indonesia 5 %
-
Matematika 5 %
-
Ilmu
Pengetahuan Alam 5 %
-
Ilmu
Pengetahuan Sosial 5 %
-
Seni Budaya dan
Ketrampilan 5 %
-
PJOK 5 %
-
Bahasa Jawa 5 %
-
Bahasa Inggris 5 %
-
Bahasa Arab 5 %
Jumlah 100
%
2)
Sumber materi
dari buku pokok dan penunjang
e.
Kriteria
Penilaian
1)
Tahap 1 Penyisihan (memilih 10 peserta),
dilaksanakan tertulis sejumlah 50 butir soal, bentuk pilihan ganda
2)
Tahap 2 Penyisihan (memilih 3 peserta),
dilaksanakan dengan tertulis sejumlah 20 butir soal , bentuk uraian.
3)
Tahap 3 Final,
dilaksanakan dengan tertulis, lisan dan praktik dengan paket soal wajib 15
butir, soal lemparan 10 butir dan soal rebutan 10 butir,
Apabila terjadi dua atau lebih peserta dengan nilai peringkat
tertinggi sama, maka peserta yang nilainya sama diuji dengan soal tambahan
sampai mendapatkan nilai tertinggi 1,2,3, dan seterusnya.
f.
Pengerjaan Soal
Waktu
:
1)
Tahap 1
Penyisihan : 30 menit
2)
Tahap 2
Penyisihan : 40 menit
3)
Tahap 3 Final : disesuaikan ketentuan soal
yang berlaku
g.
Hasil Penilaian
1)
Hasil tahap 3
(Final) sebagai penilaian akhir dari Cabang LCCT PAISUM,
2)
Perolehan
tertinggi 1 ,2, 3 mendapat Juara 1,2,3.
B.
BIDANG SENI ISLAMI
1.
LOMBA
SENI KHAT DAN KALIGRAFI
E Materi Seni Khat dan
Kaligrafi
a. Seni Khat
1)
Materi Khot
menulis Surah Al-Falaq diawali
dengan tulisan ta’awudz dan basmalah dan diiterjemahkan ke dalam Bahasa
Indonesia dengan tulisan arab Indonesia, terjemahan bahasa Jawa dengan arab pegon dan terjemahan bahasa Inggris dengan huruf tegak
bersambung menggunakan bolpoin warna hitam.
2)
Aspek materi,
meliputi: Kaidah penulisan, Keindahan tulisan, Performance (tampilan) yakni
keserasian dan komposisi
b. Materi
Kaligrafi dapat dipilih salah satu berikut ini:
1)
Ayat Al-Qur’an;
2) Hadis Rasulullah Saw ; 3) Potongan ayat... atau hadis... atau kalimat toyyibah
2)
Surah/Ayat
Al-Qur’an/Hadis Rasulullah Saw terpilih tersebut wajib dilengkapi sumber
rujukan misalnya Q.S ... ayat .... atau H.R ... (maksudnya Al-Qur’an Surah ...
ayat .... atau Hadis Riwayat ....
3)
Aspek materi,
meliputi: Kaidah penulisan, Keindahan tulisan, Performance (tampilan)
yakni keserasian dan komposisi
E Ketentuan
Cabang Lomba Khat dan Kaligrafi :
a.
Peserta harus
mengirimkan terlebih dahulu hasil karyanya dan akan dilakukan seleksi tahap pertama untuk mencari 10 terbaik putra dan 10
terbaik putri paling lambat 3 hari
sebelum pelaksanaan lomba .
b.
Peserta yang
lolos seleksi tahap pertama akan mendapatkan panggilan/undangan dari Panitia,
untuk mengikuti seleksi tahap kedua
yang akan dilaksanakan bersama-sama dengan peserta cabang lomba lainnnya pada
hari yang sudah ditentukan.
c.
Pada seleksi tahap kedua, Panitia hanya
menyediakan kertas manila dan kertas folio,
sedangkan perlengkapan lainnya peserta mempersiapkan sendiri.
d.
Waktu yang
disediakan 60 menit (1 jam) untuk khot dan 180 menit ( 3 jam ) untuk Kaligrafi
e.
Penilaian
dimulai dari persiapan, proses, dan
akhir.
f.
Hasil karya
seni khat Al-Qur’an dan Kaligrafi yang dilombakan menjadi milik Panitia.
g.
Peserta tidak
boleh dibantu atau meminta atau memberi bantuan
orang lain dalam proses pembuatan karya seni khat Al Qur’an.
h.
Penulisan Seni
khat menggunakan alat tulis berupa: spidol / fulpen / balpoin bertinta hitam,
pena dengan tinta Cina ( tinta bak ). Sedangkan penulisan Kaligrafi boleh
menggunakan spidol, pensil warna, cat, krayoon dll.
i.
Surah yang
ditulis dalam khat harus diawali dengan tulisan basmalah
· KEJUARAAN :
1.
Hasil
penjumlahan nilai khat dan kaligrafi sebagai penilaian akhir.
2.
Peringkat nilai
tertinggi 1, 2 dan 3 menjadi juara 1,2, dan 3
2.
LOMBA
CIPTA DAN SENI KHITABAH
a.
Ketentuan
Cabang Lomba Khitabah
1)
Peserta memilih
salah satu tema yang sudah ditentukan.
2)
Peserta menyerahkan naskah khitabah maksimal satu
halaman folio yang disusun dengan sistematis, susunan bahasa yang benar, dan
berisi hal-hal yang sesuai dengan tema terpilih.
3)
Penampilan
peserta maksimal 7 menit.
4)
Peserta berhak
mengulang penampilan atas permintaan Dewan Juri
5)
Materi/tema yang ditampilkan sesuai dengan tema/materi
naskah yang dikumpulkan
6)
Peserta yang
tidak muncul tanpa alasan sewaktu dipanggil untuk tampil sebanyak 3 kali
berturut-turut dengan interval 3 menit, dinyatakan mengundurkan diri
b.
Tema/judul
khitabah
Tema Membentuk Karakter Muslim Rahmatan Lil „alamin :
1)
Hudal-lilmuttaqin
(Petunjuk bagi orang yang bertaqwa)
2)
Kutiba
‘alaikumush shiyam ( Diwajibkan atas kamu berpuasa)
3)
Ta’awanu ‘alal
birri wa taqwa ( Bertolong-menolonglah kamu dalam kebaikan dan taqwa)
4)
Lana a’ maluna
wa lakum a’ malukum (Bagi kami amal perbuatan kami dan bagi kamu amal perbuatan
kamu)
5)
Lakum dinukum
waliyadin (Untukmu agamamu Dn untukku agamaku)
c.
Aspek penilaian
Aspek yang dinilai terdiri dari:
a.
Vokal,
meliputi: kualitas suara, intonasi ( lagu kalimat ), artikulasi ( pengucapan,
makharijul huruf ), ekspresi ( mimik muka, penjiwaan lagu ).
b.
Penyajian,
meliputi: 1. materi, harmonisasi (keselarasan antara teks tertulis dan materi
penampilan); 2. improvisasi (penyajian vokal dan gerakan sesaat yang tak
terduga tetapi mendukung penampilan keseluruhan); 3. Kesesuaian dan kebenaran
teks.
c.
Penampilan,
meliputi: bloking ( penguasaan panggung ), komposisi ( gabungan antara materi
dengan vokal ), gesture ( ragam gerak ), ekspresi ( penjiwaan penampilan ).
.
3. LOMBA SENI MACAPAT ISLAMI
E Materi
a.
Sekar Wajib :
Putera : Dhandhanggula – Penganten Anyar, Laras
Pelog Pathet Nem.
Teks
sekar macapat wajib putra diambil dari terjemahan Al-Qur’an surah Al-Fatihah
ayat 1 – 7 buah karya Achmad Djuwahir Anomwidjaya, 2003:2. ;
Puteri :
Dhandhanggula – Panglipur (Turulare), Laras Pelog Pathet Nem.
Teks
sekar macapat wajib putri diambil dari terjemahan Al-Qur’an surah Al-‘Asr ayat
1–3 buah karya Achmad Djuwahir Anomwidjaya, 2003:30-31.
b.
Sekar Pilihan
Putera/Puteri:
1)
Kinanthi –
Buminatan Cengkok Lagu Mataram, Laras Slendro Pathet Sanga.
Teks sekar
macapat diambil dari terjemah Al-Qur’an surah An-Naba’ ayat 39–40 buah karya
Achmad Djuwahir Anomwidjaya, 2003:107.
2)
Kinanthi – Wantah
Laras Slendro Pathet Sanga .
Teks
sekarmacapat diambil dari terjemahan Al-Qur’an surah An-Nas ayat 1-6 buah karya Achmad Djuwahir Anomwidjaya, 2003:4.
E Aspek materi,
meliputi:
a.
Dasar Suara,
meliputi: kualitas, warna atau timbre suara, yang diharapkan dapat dengan tepat
membaca titi laras slendro maupun pelog yang terdapat dalam tembang.
b.
Teknik
Penyajian, meliputi : teknik dalam mengatur cepat lambat tempo penyajian,
teknik dalam pembacaan teks/ cakepan/ syair (kebenaran dan kejelasan dalam
pengucapan serta mengetahui peluluhan tembung-tembungnya), dan teknik dalam
memilih dan menggunakan gregel.
c.
Rasa
(Penjiwaan), meliputi penjiwaan / penghayatan materi lagu wajib maupun pilihan.
E Ketentuan Cabang Lomba Macapat Islami
a.
Waktu
penampilan peserta maksimal + 7 menit
b.
Peserta
menampilkan 1 buah sekar wajib dan 1 buah sekar pilihan,
c.
Peserta berhak
mengulang penampilan atas permintaan Dewan juri,
d.
Peserta yang
tidak muncul tanpa alasan sewaktu dipanggil untuk tampil sebanyak 3 kali
berturut-turut dengan interval 3 menit, dinyatakan mengundurkan diri
4.
LOMBA KETRAMPILAN ADZAN
a. Ketentuan Peserta
1)
Peserta adalah
perwakilan dari Sekolah Dasar.
2)
Peserta
berjumlah 1 putra
3)
Peserta
mengumandangkan adzan Subuh dan Iqamah.
4)
Peserta
berbusana muslim/muslimah
5)
Peserta berhak
mengulang penyajian atas permintaan dewan juri
6)
Peserta yang
tidak muncul tanpa alasan sewaktu dipanggil untuk tampil sebanyak 3 kali
berturut-turut dengan interval 3 menit,
dinyatakan mengundurkan diri.
b.
Materi
Lafal
Adzan Subuh dan Iqamah
c.
Waktu
Menyajikan
Waktu
penampilan maksimal 7 menit
d.
Kriteria Penilaian
1)
Kualitas suara
(vokal): kualitas suara, intonasi atau lagu kalimat, artikulasi atau
pengucapan/makharijul-huruf;
2)
Kemampuan dan
ekspresi (mimik muka, penjiwaan),
3)
Penampilan
(adab, pakaian, dan lain-lain)
e.
Rambu-rambu
Penilaian
Semua
Peserta menampilkan Azan Subuh dan Iqamah dan akan ditentukan peringkat 1, 2
dan 3.
f.
Penilaian
Skor
terendah 0, skor tertinggi 100.
g.
Waktu Penilaian
1)
Penilaian baru
dimulai setelah peserta memberi tanda/aba/salam
2)
Penilaian
dilakukan selama peserta menampilkan Azan
3)
Batas waktu
penyajian maksimal 7 menit
5.
LOMBA SENI HIFDZIL QUR’AN DAN TILAWATIL QUR’AN
a.
Ketentuan
Peserta
1)
Peserta adalah
wakil dari Sekolah dasar
2)
Peserta terdiri
dari 1 putra dan 1 putri,
3)
Peserta wajib
mengenakan nomor undian di bagian badan yang mudah dilihat oleh Juri.
4)
Peserta
menampilkan hafalan surah-surah al-Qur’an sesuai ketentuan
5)
Peserta
melantunkan surah atau ayat Al-Qur’an sesuai ketentuan
6)
Peserta wajib berbusana
muslim/muslimah dan tidak menggunakan identitas sekolah Peserta yang tidak
dapat melanjutkan lomba sebelum waktu berakhir, dinyatakan gugur.
b.
Materi
Materi
yang dilombakan dengan ketentuan berikut ini:
1)
Materi Hifdzil
Qur’an ada 11 Surah : al-Alaq 1-5; Al-Qadar; al-Asr, al-Fil, al-Maun;al-Kausar,
al-Kafirun; Al-Lahab, al-Ikhlas, al-Falaq,
dan an-Nas.
2)
Materi /Maqra
Tilawah :
a)
Dimulai dari
surah Al-Hujurat ayat 13
b)
Dimulai dari
surah Luqman ayat 14
c)
Dimulai dari
surah An-Nahl ayat 90
d)
Dimulai dari
surah Ali Imron ayat 102
e)
Dimulai dari
surah Al-Fath ayat 1
3)
Peserta sudah
memilih maqra sendiri, selanjutnya untuk ditampilkan di lomba.
4)
Diawali bacaan
ta’awuz dan basmalah dan diakhiri bacaan tasdiqah
5)
Mengawali dan
mengakhiri penampilan agar mengucapkan salam
c.
Waktu
Pelaksanaan
Waktu
yang disediakan bagi setiap peserta maksimal
15 menit.
d.
Kriteria Penilaian
a.
Hifdzilqur’an
meliputi : Hafalan (33%), Tajwid (33 %), Fasahah (33 %), Adab (1 %).
Lembar
Penilaian Seni Hifzil Qur’an
NO
|
Unsur
Hafalan, Tajwid, dan
Fasahah yang
Dinilai
|
Skor
Max
|
Pecatatan
skor kesalahan
|
Jumlah
Kesalahan
|
Nilai
|
1
|
Surah
Al-‘Alaq ayat 1-5
|
50
|
|
|
|
2
|
Surah
Al-Qadar ayat 1-5
|
67
|
|
|
|
3
|
Surah Al-‘Asr
ayat 1-3
|
42
|
|
|
|
4
|
Surah Al-Fil
ayat 1-5
|
65
|
|
|
|
5
|
Surah
Al-Ma’un 1-7
|
77
|
|
|
|
6
|
Surah
Al-Kausar ayat 1-3
|
29
|
|
|
|
7
|
Surah
Al-Kafirun ayat 1-6
|
63
|
|
|
|
8
|
Surah
Al-Lahab ayat 1-5
|
57
|
|
|
|
9
|
Surah
Al-Ikhlas ayat 1-4
|
33
|
|
|
|
10
|
Surah
Al-Falaq ayat 1-5
|
53
|
|
|
|
11
|
Surah an-Nas
|
49
|
|
|
|
12
|
Ta’awuz,
Basmalah, Tasdiqah
|
32
|
|
|
|
13
|
Adab ketika
hafalan
|
3
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
620
|
|
|
|
Penampilan
dan hasil penilaian (kejuaraan) peringkat tertinggi 1,2 dan 3 mendapat
penghargaan
b.
Tilawatilqur’an
meliputi : Lagu dan Suara (35 %), Tajwid (35 %), Fasahah dan Adab (30 %)
e.
Kejuaraan
a. Kejuaraan Hifdzil Qur’an dan Kejuaraan Tilawatil Qur’an
b.
Peringkat nilai
tertinggi 1, 2 dan 3 menjadi juara 1,2, dan 3
6.
LOMBA CIPTA DAN SENI BERCERITA ISLAMI
a.
Ketentuan
Peserta
1)
Peserta adalah
perwakilan dari Sekolah Dasar
2)
Peserta terdiri
dari 1 putra dan 1 putri,
3)
Peserta
berbusana muslim/muslimah
4)
Peserta
menyerahkan naskah kepada dewan juri sesuai dengan tema yang ditentukan.
5)
Panjang naskah maksimal satu halaman folio yang disusun dengan
sistematis, susunan bahasa yang benar, dan berisi hal-hal yang sesuai dengan
tema terpilih.
6)
Diawali dan
diakhiri dengan salam
7)
Penampilan
peserta maksimal 7 menit
8)
Menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar
9)
Peserta yang
tidak muncul tanpa alasan sewaktu dipanggil untuk tampil sebanyak 3 kali
berturut-turut dengan interval 3 menit,
dinyatakan mengundurkan diri
b.
Materi/Tema
Peserta
dapat memilih salah satu tema cerita yang sudah ditentukan.
TEMA
“KREATIVITASKU MENELADANI RASUL ALLAH PILIHAN
Judul
:
1. Aku dan Keteladanan Nabi Daud, a.s.
2. Aku dan Keteladanan Nabi Sulaiman, a.s.
3. Aku dan Keteladanan Nabi Yunus, a.s.
4. Aku dan Keteladanan Nabi Zakaria, a.s.
5. Aku dan Keteladanan Nabi Yahya, a.s.
c.
Rambu-rambu
penilaian
1)
Naskah yang dinilai adalah yang sesuai dengan tema:
Pembukaan. Isi, Penutup
2)
Naskah disusun
dengan sistematis, susunan bahasa yang benar dan sesuai dengan tema.
3)
Diutamakan
mengutip ayat atau hadis yang relevan dengan tema yang ditampilkan.
4)
Materi/tema yang ditampilkan sesuai dengan tema/materi
naskah yang dikumpulkan.
d.
Aspek Penilaian
·
Vokal,
meliputi: Kualitas suara, Intonasi, Artikulasi ,Ekspressi
·
Penyajian,
meliputi: materi,harmonisasi dengan teks, improvisasi
·
Penampilan,
meliputi: bloking,setting,dekorasi,komposisi,gesture,ekspresi
e.
Bobot Penilaian
Vokal
(40%); Penyajian (30%); Penampilan (30%)
µ
KEJUARAAN :
1.
Hasil penggabungan nilai cipta dan seni bercerita
sebagai penilaian akhir.
2.
Peringkat nilai
tertinggi 1, 2 dan 3 menjadi juara 1,2, dan 3
7.
LOMBA SENI REBANA
a.
Ketentuan
Peserta
1)
Peserta adalah
perwakilan dari Sekolah Dasar.
2)
Peserta
/anggota grup berjumlah 11 orang ( 2
Vokalis harus : 1 putra dan 1 putri )
3)
Peserta
menampilkan 1 buah lagu rebana klasik dan 1 buah lagu rebana modern.
4)
Peserta bebas
mengaransir lagu asal tidak menghilangkan karakter lagu.
5)
Peserta wajib
mengenakan nomor undian di bagian badan yang mudah dilihat oleh Juri.
6)
Peserta
berbusana muslim/muslimah
7)
Lama penampilan
setiap peserta maksimal 15 menit, yakni : 15 menit untuk penyajian lagu (15
menit dihitung dari salam).
8)
Peserta membawa
perlengkapan alat musik sendiri.
9)
Peserta berhak
mengulang penyajian atas permintaan dewan juri.
10)
Peserta yang
tidak muncul tanpa alasan sewaktu dipanggil untuk tampil sebanyak 3 kali
berturut-turut dengan interval 3 menit, dinyatakan mengundurkan diri.
b.
Materi
a.
Materi lomba
ada dua : Rebana Klasik Spesifik dan Rebana Modern Spesifik.
1)
Rebana Klasik
Spesifik dengan Jenis dan Alat Musik
misalnya: Genjring, Gendong,
Ketipung / ketiplak,
Kenting, Kentang, Tamborin. Atau Sopran I, Sopran II, Sopran
III, Selo, Selingan, Tenor, Selingan Tenor, Bas I, Maskis I, Markis II.
Sembilan orang masing-masing menabuh
alat musik rebana klasik. Peserta memilih Judul lagu Rebana Klasik .
2)
Rebana Modern
Spesifik dengan Jenis dan Alat Musik menggunakan alat Rebana Klasik minimal
3 buah, dapat ditambah alat musik perkusi, akustik
dan elektrik. Peserta memilih Judul
lagu Rebana Modern Spesifik .
c.
Pilihan Judul
Lagu Rebana
REBANA
KLASIK
1. Turi-turi Putih Cipt. Sunan Giri/sunan
Kalijaga, versi Habib Syech
2. Gundul-gundul pacul Cipt. Sunan Kalijaga/ RC.
Hardjosubroto
3. Ya Hana : Habib Syech
4. Ghuroba : Al-Banjari
5. Sifat wajibe Allah Cipt. Slamet Haryadi
REBANA
MODERN
1. Ya ‘Asyiqol Musthofa -
Nissa Sibyan
2. Rindu Rasul - Cipt. Bimbo
3. Jaga Lingkungan - Cipt.
Slamet Haryadi
4. Selimut Putih - Vokal
Fadli
5. Wulidal Musyarof –
Langitan
d.
Kriteria
Penilaian Musik dan Vokal
Penilaian secara umum diutamakan dari kreatifitas peserta dalam
aransemen musik dan vokal (mis: suara 1 dan suara 2) serta kreatifitas
penampilan peserta (ragam gerak,bloking, tata busana).
Penilaian MUSIK meliputi aspek :
1)
Aransemen
(gubahan musik dan vokal)
2)
Harmonisasi
(keselarasan aransemen musik, vokal dan gerakan)
3)
Improvisasi
(penyajian musik, vokal, gerakan sesaat yang tak terduga tetapi
mendukungpenampilan keseluruhan)
4)
Penampilan:
Bloking (penguasaan panggung) dan setting (penataan panggung, termasuk tata
lampu, dekorasi dan lain-lain),Komposisi (gabungan antara musik dengan vokal),
Gesture (ragam gerak), Ekspresi
(penjiwaan lagu).
Penilaian VOKAL meliputi aspek :
1)
Kualitas suara
2)
Intonasi ( lagu
kalimat dalam syair )
3)
Artikulasi (
pengucapan, makharijul huruf )
4)
Ekspresi (
mimik muka, penjiwaan lagu )
5)
Penampilan:
Bloking (penguasaan panggung) dan setting (penataan panggung, termasuk tata
lampu, dekorasi dan lain-lain),Komposisi (gabungan antara musik dengan
vokal),Gesture (ragam gerak),Ekspresi (penjiwaan lagu).
e.
Kejuaraan :
1)
Gabungan Hasil
penyajian Rebana Klasik dan Modern ( vokal dan irama musik ) sebagai penilaian akhir.
2)
Peringkat nilai
tertinggi 1, 2 dan 3 menjadi juara 1,2, dan 3
Demikian pedoman pelaksanaan lomba MAPSI ini dibuat,
jika terdapat hal-hal yang belum dijelaskan dalam pedoman ini, maka akan dilakukan perbaikan dan penjelasan pada
saat rapat teknis penyelenggaraan