(Permendikbud No 103/2014)
FORMAT
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)
Sekolah                        :
……………………………
Mata pelajaran              : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Kelas/Semester             : ….. /….
                                    Alokasi
Waktu             :  ……………
A.   
Kompetensi
Inti (KI) 
KI
  1 : 
 | 
  |
KI
  2 : 
 | 
  |
KI 3 : 
 | 
  |
KI 4 : 
 | 
  
B.   
Kompetensi
Dasar 
1. 
 | 
  
KD  pada KI 1 
 | 
 
2.       
 | 
  
KD pada KI-2  
 | 
 
3.        
 | 
  
 KD
  pada KI-3  
 | 
 
4. 
 | 
  
KD pada KI-4  
 | 
 
C.               
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.  
 | 
  
Indikator KD pada KI-1  
 | 
 
2.   
 | 
  
Indikator KD pada KI-2  
 | 
 
3. 
 | 
  
 | 
 
4.  
 | 
  
Indikator KD pada KI-4  
 | 
 
D.      
Materi
Pembelajaran 
………………...............................................................................................................
E.    
Kegiatan
Pembelajaran 
Pertemuan
pertama:
a.           
 Kegiatan
pendahuluan (…… menit)
·  ……………..
b.  KegiatanInti (80
menit)
·  Mengamati : 
……..
·  Menanya
…………
·  
Mengumpulkaninformasi/mencoba
…………….
· 
Menalar/mengasosiasi
………………….
· 
Mengomunikasikan
………………..
c.  KegiatanPenutup (15 menit)
……………
PertemuanKedua,
dst
…………..
F.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.
Teknik penilaian
a. Sikap  spiritual dan sosial        : …….........….
b. Pengetahuan                            : ……………..
c. Keterampilan                           : ………..……
2. Instrumen penilaian: 
1). 
Sikap               : 
No. 
 | 
  
Indikator 
 | 
 
1 
 | 
  |
2 
 | 
  
Instrumen:
Nama 
 | 
  
: 
 | 
  
........................................................ 
 | 
 
NIS 
 | 
  
: 
 | 
  
........................................................ 
 | 
 
Kelas 
 | 
  
: 
 | 
  
........................................................ 
 | 
 
Rubrik
   
 | 
  
: 
 | 
  
Tgl Pengamatan    :  …………
No. 
 | 
  
Aspek
  Pengamatan 
 | 
  
Skor 
 | 
 |||||
4 
 | 
  
3 
 | 
  
2 
 | 
  
1 
 | 
 ||||
1 
 | 
  |||||||
2 
 | 
  |||||||
3 
 | 
  |||||||
4 
 | 
  |||||||
5 
 | 
  |||||||
6 
 | 
  |||||||
Jumlah
  Skor 
 | 
  |||||||
Keterangan 
 | 
  
Nilai 
 | 
 ||||||
Petunjuk : 
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor
  sesuai sikap yang ditampilkan oleh peserta didik. 
Kriteria: 
4 = selalu,
  apabila selalu melakukan sesuai pernyataan 
3= sering,
  apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan 
2=
  kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan       sering 
  tidak melakukan 
1= tidak
  pernah, apabila tidak pernah melakukan 
 | 
  
Nilai akhir ini
  diambil dari
  nilai modus (nilai yang sering muncul) 
 | 
 ||||||
Catatan:
  ................................................................................................................................................................. 
 | 
 |||||||
....................,.................................. 
Observer 
 (...........................................) 
 | 
 |||||||
2) Pengetahuan                 
: ………….
No. 
 | 
  
Indikator 
 | 
  
Instrumen 
 | 
 
1 
 | 
  
1.        
 | 
 |
2 
 | 
  
2.     
 | 
 
3) Keterampilan    : 
No. 
 | 
  
Indikator 
 | 
  
Instrumen 
 | 
 
1. 
 | 
  ||
2. 
 | 
  ||
3. 
 | 
  ||
4. 
 | 
  
Rubrik:                
Nama  
 | 
  
: 
 | 
  
........................................................ 
 | 
 |||||||
NIS 
 | 
  
: 
 | 
  
........................................................ 
 | 
 |||||||
Kelas 
 | 
  
: 
 | 
  
........................................................ 
 | 
 |||||||
Indikator 
 | 
  
: 
 | 
  ||||||||
No. 
 | 
  
Aspek yang dinilai 
 | 
  
Nilai 
 | 
  |||||||
3 
 | 
  
2 
 | 
  
1 
 | 
  |||||||
1. 
 | 
  |||||||||
2. 
 | 
  |||||||||
3. 
 | 
  |||||||||
4. 
 | 
  |||||||||
Jumlah 
 | 
  |||||||||
SkorMaksimum 
 | 
  |||||||||
Keterangan 
 | 
  
Nilai 
 | 
  ||||||||
1 = tidak tepat 
2 =kurangtepat 
3 = tepat 
 | 
  |||||||||
Catatan: 
........................................................................... 
GPAI: 
 (……………….) 
 | 
  |||||||||
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian
bagi peserta didik yang belum mencapai KKM, sedangkan pengayaan diberikan
kepada peserta didik yang telah mencapai atau melampaui KKM
G.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar 
1. Media/alat                     : .......
2. Bahan                          : .......
3. Sumber Belajar            : .......
                                                                                                ……………..,………………. 
Mengetahui;                                                                            Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah,                                                      PAI
dan Budi Pekerti,                                                                        
............................                                                                    ...........................................
NIP                                         Leboih lengkap tentang perangkat mepel PAI Kurikulum 2013, lihat DISINI atau DISINI
