(Permendikbud No 103/2014)
FORMAT
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
……………………………
Mata pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Kelas/Semester : ….. /….
Alokasi
Waktu : ……………
A.
Kompetensi
Inti (KI)
KI
1 :
|
|
KI
2 :
|
|
KI 3 :
|
|
KI 4 :
|
B.
Kompetensi
Dasar
1.
|
KD pada KI 1
|
2.
|
KD pada KI-2
|
3.
|
KD
pada KI-3
|
4.
|
KD pada KI-4
|
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
|
Indikator KD pada KI-1
|
2.
|
Indikator KD pada KI-2
|
3.
|
|
4.
|
Indikator KD pada KI-4
|
D.
Materi
Pembelajaran
………………...............................................................................................................
E.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
pertama:
a.
Kegiatan
pendahuluan (…… menit)
· ……………..
b. KegiatanInti (80
menit)
· Mengamati :
……..
· Menanya
…………
·
Mengumpulkaninformasi/mencoba
…………….
·
Menalar/mengasosiasi
………………….
·
Mengomunikasikan
………………..
c. KegiatanPenutup (15 menit)
……………
PertemuanKedua,
dst
…………..
F.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik penilaian
a. Sikap spiritual dan sosial : …….........….
b. Pengetahuan : ……………..
c. Keterampilan : ………..……
2. Instrumen penilaian:
1).
Sikap :
No.
|
Indikator
|
1
|
|
2
|
Instrumen:
Nama
|
:
|
........................................................
|
NIS
|
:
|
........................................................
|
Kelas
|
:
|
........................................................
|
Rubrik
|
:
|
Tgl Pengamatan : …………
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||||
4
|
3
|
2
|
1
|
||||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
Jumlah
Skor
|
|||||||
Keterangan
|
Nilai
|
||||||
Petunjuk :
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor
sesuai sikap yang ditampilkan oleh peserta didik.
Kriteria:
4 = selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3= sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2=
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering
tidak melakukan
1= tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
|
Nilai akhir ini
diambil dari
nilai modus (nilai yang sering muncul)
|
||||||
Catatan:
.................................................................................................................................................................
|
|||||||
....................,..................................
Observer
(...........................................)
|
|||||||
2) Pengetahuan
: ………….
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
1
|
1.
|
|
2
|
2.
|
3) Keterampilan :
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
Rubrik:
Nama
|
:
|
........................................................
|
|||||||
NIS
|
:
|
........................................................
|
|||||||
Kelas
|
:
|
........................................................
|
|||||||
Indikator
|
:
|
||||||||
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
|||||||
3
|
2
|
1
|
|||||||
1.
|
|||||||||
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
4.
|
|||||||||
Jumlah
|
|||||||||
SkorMaksimum
|
|||||||||
Keterangan
|
Nilai
|
||||||||
1 = tidak tepat
2 =kurangtepat
3 = tepat
|
|||||||||
Catatan:
...........................................................................
GPAI:
(……………….)
|
|||||||||
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian
bagi peserta didik yang belum mencapai KKM, sedangkan pengayaan diberikan
kepada peserta didik yang telah mencapai atau melampaui KKM
G.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat : .......
2. Bahan : .......
3. Sumber Belajar : .......
……………..,……………….
Mengetahui; Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah, PAI
dan Budi Pekerti,
............................ ...........................................
NIP Leboih lengkap tentang perangkat mepel PAI Kurikulum 2013, lihat DISINI atau DISINI
No comments:
Post a Comment
Jika ada saran atau masukan silakan tulis komentar. terimakasih