RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN ......................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Tema : Aku Cinta al-Qur’an
Subtema : Lafal Huruf Hijaiyah dan Harakatnya
Kelas : I (Satu)
Semester : 1
A.
Materi Pokok
Huruf Hijaiyah
B.
AlokasiWaktu
1x4Jam Pelajaran
C.
TujuanPembelajaran
1.
Melalui metode drill (latihan) peserta didik dapat melafalkan
huruf hijaiyah dengan benar
2.
Melalui metode drill (latihan) peserta
didik mendemonstrasikan hafal huruf hijaiyah berharakat dengan benar
D.
Kompetensi Dasar
4.1 Melafalkan
huruf-huruf hijaiyah dan harakatnya secara lengkap
E.
Indikator PencapaianKompetensi
4.1.1 Melafalkan
huruf hijaiyah dengan benar
4.1.2
Mendemonstrasikan hafal huruf hijaiyah berharakat
dengan benar
F.
MateriPembelajaran
1.
Huruf hijaiyyah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
sin
|
zai
|
ra
|
żal
|
dal
|
kha
|
ha
|
jim
|
śa
|
ta
|
ba
|
alif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
mim
|
lam
|
kaf
|
qaf
|
fa
|
gain
|
‘ain
|
za
|
ţa
|
dad
|
șad
|
syin
|
|
|
|
|
|
ya
|
hamzah
|
ha
|
wau
|
nun
|
2.
Huruf hijaiyahberharakatdancaramembacanya
Harakat (Arab: حركات, harakaat) atau tasykil adalah tanda baca yang ditempatkan pada huruf Arab untuk memperjelas dalam pengucapan huruf tersebut.
Harakat dipakai untuk mempermudah cara
membaca huruf Arab bagi orang awam, pemula atau pelajar dan biasanya dituliskan
pada buku-buku pendidikan, buku anak-anak, kitab suci al-Quran, walaupun dalam penulisan sehari-hari tidak menggunakan
harakat, karena pada umumnya orang Arab sudah paham dan mengerti akan tulisan
yang mereka baca, namun kadang juga digunakan sebagai penekanan dari suatu kata
terutama pada kata-kata yang kurang umum digunakan untuk menghindari kesalahan pembacaan.
Macamharakat
a. Fathah
Adalah harakat yang berbentuk layaknya
garis horizontal kecil yang berada di
atas suatu huruf Arab yang melambangkan fonem /a/. Secara harfiah, fathah itu sendiri
berarti membuka, layaknya membuka mulut saat mengucapkan fonem /a/.Ketika suatu
huruf diberi harakat fathah, maka huruf tersebut akan berbunyi /-a/, contohnya huruf
lam (ل) diberi harakat
fathah menjadi /la/ (لَ).
b.
Kasrah
Adalah harakat yang berbentuk layaknya
garis horizontal kecil, yang diletakkan
di bawah suatu huruf arab, harakat kasrah melambangkan fonem /i/. Secara harfiah,
kasrah bermakna melanggar. Ketika suatu huruf diberi harakat kasrah, maka huruf
tersebut akan berbunyi /-i/, contohnya huruf lam (ل) diberi harakat kasrah menjadi /li/ (لِ).
c.
Damah
Adalah harakat yang berbentuk layaknya
huruf wau (و) yang diletakkan
di atas suatu huruf arab(
ُ), harakat damah melambangkan fonem /u/. Ketika suatu huruf diberi
harakat damah, maka huruf tersebut akan berbunyi /-u/, contohnya huruf lam (ل) diberi harakat dammah menjadi /lu/ (لُ).
G.
MetodePembelajaran
Metode:
1. TanyaJawab
2. Drill (latihan)
Model:
Direct Instruction(model pengajaran langsung)
Dipadukan
dengan model make a match (membuat/mencari pasangan),
H.
Media Pembelajaran
Poster tulisan huruf hijaiyyah
Kartu bertuliskan huruf hijaiyah berharakat
Multimedia Interaktif/CD Interaktif
/Video
I.
SumberBelajar
2.
Buku Belajar Huruf Hijaiyyah
J.
Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’abersama
dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’ansurahpendek pilihan
dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang
ditentukan sebelumnya);
c.
Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadirandan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran;
d.
Mengajukan pertanyaan secara komunikatifberkaitan dengan materi huruf
hijaiyah dan harakatnya;
e.
Menyampaikan kompetensi inti, dan kompetensi dasar dan tujuan
yang akan dicapai yaitupeserta didik dapat mendemonstrasikan pelafalan huruf
hijaiyahdan harakatnyadengan benar;
f.
Menyampaikan cakupan huruf hijaiyah dan harakatnya;
g.
Menyampaikantahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mencermati, menirukan,
mendemonstrasikanpelafalan huruf hijaiyahdan harakatnyasecara berulang-ulang
dengan benar.
h.
Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan
di papan tulis/whiteboard, potongan kartu/kertas karton (tulisan yang besar
dan mudah dilihat/dibaca), jika memungkinkan melalui tayangan slide (media
LCD projector).
Hal inidilakukanuntukmengkonkretkanantaraapa
yang diucapkandanbentuktulisannya
|
20 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
·
Menyimak tayangan huruf-huruf hijaiyah yang
berharakat melalui LCD
·
Menyimak pelafalan huruf-huruf hijaiyah baik yang
asli maupun yang berharakat melalui contoh pelafalan guru
·
Menyimak pelafalan huruf-huruf hijaiyah baik yang
asli maupun yang berharakat melalui audio
b.
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang huruf hijaiyah dan harakatnya
·
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan
nama huruf hijaiyah dan cara melafalkannya
·
Bertanya tentang pengelompokan huruf hijaiyah
c.
Eksperimen/Explore
Melafalkan huruf
hijaiyah
·
Guru mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah
per huruf secara berurutan (sebaiknya langsung oleh guru bersangkutan, media
audio hanya sebagai pendukung), peserta didik mencermati dan kemudian
menirukannya. Pada waktu itu juga guru langsung membimbing dan membetulkan
pelafalan yang kurang tepat, baik secara individual ataupun klasikal, sampai
akhirnya selesai.
·
Pelafalan huruf per huruf dimaksud, misalkan
guru melafalkan “alif” diikuti oleh seluruh peserta didik, lakukan 2-3 kali.
·
Dilanjutkan dengan melafalkan huruf selanjutnya
diikuti oleh seluruh peserta didik, lakukan 2-3 kali.
·
Setelah huruf per huruf, guru melafalkan per 4
atau 5 huruf diikuti oleh seluruh peserta didik, lakukan 2-3 kali.
·
Pelafalan dilakukan secara berulang-ulang
sehingga benar-benar dikuasai peserta didik.
·
Untuk mengetahui penguasaan kompetensi kelas,
secara acak guru menunjuk peserta didik mendemonstrasikan pelafalan huruf
hijaiyah.
·
Guru memberikan penguatan pelafalan huruf
hijaiyah secara lengkap.
·
Langkah selanjutnya menerapkan model make a
match, caranya kertas yang bertuliskan huruf hijaiyah dengan bunyi bacaannya
dicampur secara acak kemudian secara berkelompok atau berpasangan saling
mencari pasangan masing-masing huruf dengan terlebih dahulu melafalkan huruf
yang akan dicari pasangannya. Ini dilakukan agar proses pelafalan menarik dan
menyenangkan.
Melafalkan huruf
hijaiyah
·
Guru mulai mendemonstrasikan pelafalan huruf
hijaiyah dengan harakat fathah, mulai dari huruf alif sampai ya, diikuti oleh
seluruh peserta didik (lakukan 2-3 kali).
·
Pelafalan dilakukan secara berulang-ulang
sehingga peserta didik benar-benar mampu melafalkannya dengan benar
·
Selanjutnya dengan harakat kasrah, dan damah
·
Untuk mengetahui penguasaan kompetensi kelas,
secara acak guru menunjuk peserta didik mendemonstrasikan pelafalan huruf
hijaiyah berharakat
·
Guru memberikan penguatan pelafalan huruf
hijaiyah berharakat
d.
Asosiasi
·
Membuat rumusan tentang klasifikasi pelafalan
huruf hijaiyah dan harakatnya
· Mengidentifikasi
huruf hijaiyah dari tingkat yang paling mudah dan sukar
e.
Komunikasi.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang pelafalan huruf hijaiyah secara kelompok
atau individual
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi,
mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat
kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
75 menit
|
3.
|
Penutup
a. Melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan
langkah selanjutnya;
b. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun
kelompok bagi peserta didik yang belum lancar dalam melafalkan huruf hijaiyah
dan harakatnya;
c. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Penilaian terhadap hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi siswa. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
Tugas
·
Mengisi rubrik tentang melafalkan huruf hijaiyah
dan harakatnya (lihat di buku teks pelajaran)
Observasi
·
Mengamati pelafalan huruf hijaiyah dan harakatnya sesuai
makharijul huruf
Portofolio
·
Membuat paparan tentang kegiatan dalam melafalkan
huruf hijaiyah dan harakatnya sesuai makharijul huruf
Tes
·
Tes bentuk lisan melafalkan huruf hijaiyah dan
harakatnya
Keterangan: (kegiatan pelaksanaan model make a match)
No.
|
Nama
|
Aktifitas
|
Jml skor
|
Nilai (MK,MB,MT,BT)
|
Ket.
|
||||||||||||||||
Kerja sama
|
Keaktifan
|
inisiatif
|
Penguasaan materi
|
||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
1. Apabila peserta didik belum
memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator.
2. Apabila sudah memperlihatkan
perilaku tetapi belum konsisten yang dinyatakan dalam indikator.
3. Apabila sudah memperlihatkan
perilaku dan sudah kosisten yang dinyatakan dalam indikator.
4. Apabila sudah memperlihatkan
perilaku kebiasaan yang dinyatakan dalam
indikator.
Rentang Skor =
SkorMaksimal-Skor Minimal
= 16 - 4
= 12
MK = 14 - 16
MB =
11- 13
MT = 8 -
10
BT =
4-7
Keterangan:
BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik
belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam
indikator).
MT : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan
adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum
konsisten).
MB : Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan
berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK : Membudaya/kebiasaan (apabila peserta didik terus menerus
memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
Rubrik Penilaian melafalkan huruf hijaiyah (termasuk huruf hijaiyah berharakat)
No.
|
Nama
|
Kriteria*
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
|
|
*Catatan kriteria:
1.
Sangat lancar : Apabila peserta didik dapat
melafalkan huruf hijaiyah dengan lancar.
2.
Lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan
melafalkan huruf hijaiyah dengan lancar, tapi masih ada kesalahan kurang dari
2.
3.
Sedang : Apabila peserta didik dapat melafalkan melafalkan huruf hijaiyah dengan
lancar, tapi masih ada kesalahan kurang dari 5.
4.
Kurang lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan melafalkan huruf hijaiyah dengan
kurang lancar.
5.
Tidak lancar : Apabila peserta didik tidak
dapat melafalkan melafalkan huruf hijaiyah
Mengetahui,
Kepala SDN ......................
.................................
NIP.............................
|
......................,
9 Juni
2013
Guru
Mata Pelajaran PAI
.......................................I
NIP. .......................................
|