Wednesday, August 17, 2022

Empat Guru PAI Paguyangan Mendapat Satyalancana KARYA SATYA_Tahun 2022

Empat orang guru mapel PAI SD di kecamatan Paguyangan mendapat penghargaan dan penganugerahan Satyalancana dari Presiden RI  Joko Widodo. Acara penganugerahan bertepatan dengan memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 77 pada hari Rabu 17 Agustus 2022 berlangsung di Halaman dan Aula Kantor Kemenag Kab. Brebes. Satyalancana tersebut diberikan kepada :

1. Ibu Khotimah, S.Pd.I, Guru Mapel PAI Cilibur 02 Dan SDN Cilibur 01

2. Ibu Siti Mahmudah, S.Pd.I, Guru Mapel PAI SDN Winduaji 02 dan SDN Kretek 04

3. Ibu Anisah S.Pd.I, Guru Mapel PAI SDN Cilibur 03 dan SDN Cilibur 01

4. Ibu Athiqurokhaniatun,S.Pd.I, Guru Mapel PAI SDN Wanatirta 03 dan SDN Paguyangan 04


Ibu Siti Mahmudah,S.Pd.I

Ibu Anisah S.Pd.I

Ibu Khotimah, S.Pd.I

Ibu Athiqurokhaniatun,S.Pd.I

Postingan terkait lainnya:

Penganugerahan Satyalancana KARYA SATYA_2021

Wednesday, August 10, 2022

CONTOH ADMINISTRASI GURU MAPEL PAI_KURIKULUM MERDEKA


Capaian Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

Analisis Tujuan Pembelajaran

Program Tahunan

Program Semester

Buku Teks

Modul Ajar

Jadwal Pelajaran

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

silakan klik link dibawah ini, dengan email/akun belajar.id

KELAS 1 ( lihat )

KELAS 4 ( lihat )


Wednesday, July 27, 2022

SOSIALISASI IKM_KKG PAI KAB BREBES

Silakan klik link berikut:

MATERI PRESENTASI SOSIALISASI IMPELEMNTASI KURIKULUM MERDEKA ( IKM)1

Materi lain terkait IKM, silakan klik tautan di bawah ini :

1. Buku Saku Kurikulum Merdeka

2. Buku Tanya Jawab Plaform Merdeka Mengajar ( PMM)

3. Struktur Kurikulum SD.MI_ IKM

4. Link Plat form Merdeka Mengajar versi komputer/laptop

5. Buku Guru PAI Kelas 1

6. Buku Siswa PAI Kelas 1

7. Buku Guru PAI Kelas IV

8. Buku Siswa PAI Kelas IV

9. Panduan Pembelajaran dan Asesmen

10. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

11. Capaian Pembelajaran Fase A dan Fase B 

12. Tujuan Pembelajaran Fase A dan Fase B

13. Contoh Program Tahunan Fase A dan Fase B atau contoh format lain FASE B

14. Contoh Program Semester Fase A dan Fase B atau contoh format lain  FASE B

15. Contoh Modul Ajar 

16.  Contoh ATP  

Semua materi-materi tersebut di atas dapat ditemukan, jika Bapak/Ibu sudah memiliki Aplikasi Platform Merdeka Mengajar yang dapat didownload melalu HP android, dan memiliki akun belajar.id

Tuesday, July 19, 2022

Monday, July 4, 2022

PALTFORM MERDEKA MENGAJAR

 

Peran Platform Merdeka Mengajar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Platform Merdeka Mengajar

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengembangkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang merupakan platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk pendidik dalam mewujudkan Pelajar Pancasila yang memiliki fitur Belajar, Mengajar, dan Berkarya.

Platform Merdeka Mengajar menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka, dalam fitur Mengajar, ada fitur perangkat ajar yang dapat digunakan oleh guru dan tenaga kependidikan dalam mengembangkan diri, saat ini tersedia lebih dari 2000 referensi perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka. Fitur asesmen murid yang dikembangkan untuk membantu guru dan tenaga kependidikan melakukan analisis diagnostik terkait kemampuan peserta didik dalam literasi dan numerasi dengan cepat sehingga dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik.

Platform Merdeka Mengajar memberikan kesempatan yang setara bagi guru untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensinya kapanpun dan dimanapun guru berada. Fitur Belajar pada Platform Merdeka Mengajar memberikan fasilitas pelatihan mandiri yang memberikan kesempatan kepada guru dan tenaga kependidikan untuk dapat memperoleh materi pelatihan berkualitas dengan mengaksesnya secara mandiri. Fitur lain dari Belajar adalah Video Inspirasi, fitur ini memberikan kesempatan kepada guru dan tenaga kependidikan bisa mendapatkan beragam video inspiratif untuk mengembangkan diri dengan akses tidak terbatas yang pada akhirnya adalah mengembangkan kualitas dari kompetensinya dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.

Platform Merdeka Mengajar mendorong guru untuk terus berkarya dan menyediakan wadah berbagi praktik baik. Fitur lainnya adalah Berkarya, dimana fitur ini adalah memberikan “Bukti Karya Saya” yang merupakan best practice dari hasil implementasi pembelajaran terutama terkait best practice pembelajaran pada Kurikulum Merdeka, guru dan tenaga kependidikan dapat membangun portofolio hasil karyanya agar dapat saling berbagi inspirasi dan berkolaborasi sehingga guru dapat maju bersama.

Platform Merdeka Mengajar yang dikembangkan diharapkan mampu menjadi teman bagi guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dengan semangat kolaborasi dan saling berbagi. Konten-konten yang dikembangkan oleh kemendikbudristek memberikan pemahaman lebih saat implementasi dan pembelajaran di satuan pendidikan yang telah ikut serta dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.

Mari instal Platform Merdeka Mengajar pada gawai Android melalui tautan bit.ly/platformmerdekamengajar

STRATEGI IMPELEMNTASI KURIKULUM MERDEKA JALUR MANDIRI

 

Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri

Strategi IKM jalur mandiri

Kurikulum Merdeka yang menjadi kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) yang dimulai pada 2021 dengan kurikulum yang diterapkan pada Sekolah Penggerak. Pada tahun 2022 ini Kemendikburistek akan mencoba untuk melakukan pendataan yang nantinya akan menjadi dasar pada penerapan Kurikulum Merdeka ini kedepannya.

Ada beberapa strategi Implementasi Kurikulum Merdeka jalur mandiri yang akan dijadikan tindak lanjut dari kebijakan Kemendikburistek. Strategi pertama, Rute Adopsi Kurikulum Merdeka Secara Bertahap, pendekatan strategi ini adalah bagaimana memfasilitasi satuan pendidikan mengenali kesiapannya sebagai dasar menentukan pilihan Implementasi Kurikulum Merdeka serta memberikan umpan balik berkala (3 bulanan) untuk memetakan kebutuhan penyesuaian dukungan Implementasi Kurikulum Merdeka dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

Strategi kedua, Menyediakan Asesmen dan Perangkat Ajar (High Tech), pendekatan strategi yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang berfungsi dalam menyediakan beragam pilihan asesmen dan perangkat ajar (buku teks, modul ajar, contoh projek, contoh kurikulum) dalam bentuk digital yang dapat digunakan satuan pendidikan dalam melakukan pembelajaran berdasarkan Kurikulum Merdeka.

Strategi ketiga, Menyediakan Pelatihan Mandiri dan Sumber Belajar Guru (High Tech), pendekatan strategi yang juga menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang berfungsi dalam melakukan pelatihan mandiri Kurikulum Merdeka yang dapat diakses secara daring oleh guru dan tenaga kependidikan untuk memudahkan adopsi Kurikulum Merdeka disertai sumber belajar dalam bentuk video, podcast, atau ebook yang bisa diakses daring dan didistribusikan melalui media penyimpanan (flashdisk).

Strategi keempat, Menyediakan Narasumber Kurikulum Merdeka (High Touch), pendekatan strategi yang digunakan dalam menyediakan narasumber kurikulum merdeka dari Sekolah Penggerak/SMK PK yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Pengimbasan bisa dilakukan dalam bentuk webinar atau pertemuan luring yang diadakan pemerintah daerah atau satuan pendidikan. Pertemuan luring bisa dilakukan dalam bentuk seminar tatap muka, lokakarya, maupun pertemuan lainnya yang dilakukan di daerah maupun di satuan pendidikan.

Strategi yang terakhir adalah strategi kelima, Memfasilitasi Pengembangan Komunitas Belajar (High Touch), komunitas belajar dibentuk oleh lulusan Guru Penggerak maupun diinisiasi pengawas sekolah sebagai wadah saling berbagi praktik baik adopsi Kurikulum Merdeka di internal satuan pendidikan maupun lintas satuan pendidikan.

Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka jalur mandiri yang diawali dengan pendataan yang dilakukan oleh Kemendikburistek dimaksudkan untuk melihat kesiapan satuan pendidikan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Harapan dari pendataan ini adalah Kemendikburistek dapat melihat sejauh mana kesiapan satuan pendidikan yang nantinya akan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka kedepannya dan tidak memaksakan implementasi secara masif. (Dicopas dari laman https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/detail-ikm/)

Berita terkait lainnya;
Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka

Palform Merdeka Mengajar

Blog Archive

Featured Post

DATA GURU PAI SD KEC. PAGUYANGAN SEMESTER GENAP 2020/2021

  DATA GURU PAI SEKOLAH DASAR KECAMATAN PAGUYANGAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2020/2021 PER JANUARI 2021   NO. ...