RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN K13
Satuan Pendidikan :
SD/MI....................
Kelas / Semester :
2 /1
Tema :
Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema :
Hidup Rukun di Rumah (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke :
1
Alokasi waktu :
1 Hari
Muatan Pelajaran :
B. indonesia (3.1, 4.1), Matematika (3.1, 4.1), SBdP (3.2, 4.2)
Pelaksanaan :
..........................
A. TUJUAN
1.
Dengan
diberikan teks cerita tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat
menyebutkan ungkapan yang
2. terdapat pada teks cerita tersebut dengan
tepat.
3. Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup
rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat mengucapkan ungkapan
4. yang terdapat pada teks percakapan tersebut
dengan tepat.
5. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari
100, siswa dapat menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
6. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari
100, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan tepat.
7. Dengan
diberikan lagu anak, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak
dengan tepat.
8.
Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat
menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
1.
Kelas
dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran
siswa
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh
salah seorang siswa. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu
nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
4.
Pembiasaan
membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran
Sebelum membacakan buku
guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi
Kegiatan Pendahuluan
Ayo Mengamati
·
Siswa
menyimak teks cerita pada Buku Siswa yang dibacakan guru.
·
Ketika
guru membaca teks, hendaknya guru memberi penekanan pada kalimat yang menggunakan
ungkapan.
·
Contoh
ungkapan pada teks tersebut adalah buah tangan dan buah hati.
·
Siswa
menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita. (Mandiri)
Ayo Berlatih
·
Siswa membaca kalimat yang terdapat pada teks
percakapan.
·
Siswa
bersama dengan teman di sebelahnya melanjutkan percakapan yang terdapat pada
buku.
·
Siswa
diberi keleluasaan untuk menyusun kalimat berdasarkan teks cerita yang sudah
dibacanya.
(Creatiivity and Innovation)
Ayo Berlatih
·
Siswa
berlatih menyatakan bilangan cacah menggunakan gambar alat peraga kubus. Alat
peraga yang lain, misalnya kancing
·
baju atau
stik es krim dapat digunakan untuk lebih memahamkan siswa mengenai bilangan
tiga angka.
·
Siswa
mengerjakan soal tentang bilangan cacah dengan tiga angka. Guru dapat
menambahkan soal latihan.
·
Siswa
membaca bilangan cacah sampai 999. Guru mengamati kemampuan siswa dalam membaca
bilangan cacah sampai 999
(Rubrik Penilaian 2). Sikap yang diamati adalah teliti. Hasil pengamatan sikap
dituliskan di dalam jurnal.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
Kegiatan Bersama Orang Tua
·
Pemahaman
mengenai bilangan cacah sampai 999 dipelajari kembali oleh siswa di rumah
bersama orang tua guru memantau pembelajaran
melalui ......
·
Orang tua
membantu siswa menyebut bilangan-bilangan yang ada di sekitar rumah.
Kegiatan Penutup
1.
Siswa mapu
mengemukan hasil belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk
menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
4.
Salam dan
do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
C. PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
a. Menjawab pertanyaan lisan tentang tata cara memperkenalkan diri
yang benar.
Penilaian Keterampilan
Paguyangan, ................... 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
kelas
SUHARYADI,S.Pd UMAR
THOLIB,S.Pd
NIP. ...................... NIP.
.........................
SURAT EDARAN MENDIKBUD NO 14 THUN 2019 TENTANG RPP
No comments:
Post a Comment
Jika ada saran atau masukan silakan tulis komentar. terimakasih